close
.

Pengaruh Kolonial di berbagai Daerah di Indonesia

      Indonesia telah dijajah oleh bangsa Barat dengan waktu yang sangat panjang. Sudah sewajarnya jika Barat banyak meninggalkan warisan kolonialnya yang berpengaruh pada setiap segi kehidupan masyarakat. Perdaban Barat itu masuk ke Indonesia melalui budaya, politik, ekonomi, dan sosial. Hal itu tidak langsung dirasakan oleh bangsa Indonesia, namun secara berangsur-angsur melahirkan peradaban yang lebih maju dari sebelumnya. Masuknya peradaban Barat ada yang memberikan pengaruh positif dan ada juga yang negatif.
      Jika diamati pengaruh kolonial yang masuk ke Indonesia ke indonesia berbeda antara daerah tersebut diakibatkan oleh beberapa hal seperti berikut :
1.Respon penduduk di pulau jawa terhadap masuknya agama kristen berbeda dengan respon di pulau-pulau lain, Penduduk di pulau jawa pada umumnya telah menganut agama Hindu, Budha, dan Islam, sedangkan di pulau-pulau lain masih ada yang menganut ajaran anismisme dan dinamisme.
2.Sikap penguasa atau raja di setiap daerah berbedah dalam menanggapi kehadiran bangsa asing di wilayahnya. ada yang menerima dan bekerja sama, ada pula yang beraksi keras menentang dan melakukan perlawanan bahkan melakukan perang fisik.
3.Setiap daerah masa penjajahan berbeda. Belanda telah menjajah daerah Maluku bagian selatan sejak tahun 1605, sehingga lama kelamaan hubungan mereka menjadi ikatan persaudaraan yang dilandasin agama dan budaya. Sebagian daerah di Pulau Jawa juga ada yang menjalin hubungan baik dengan penjajah terutama para penguasa daerah seperti bupati. Namun berbeda halnya dengan Daerah Aceh. Di daerah ini selalu mengadakan perlawanan terhadap penguasa asing karena orang Aceh menganggap bangsa aing (penjajah) sebagai orang kafir yang harus dijauhi.
4.Pulau jawa mendapat perhatian lebih dari bangsa asing. Selain tanahnya yang subur dan penduduknya yang banyak, pemerintah kolonial juga mudah mengendalikan jalanya pemerintahan disana.Sehingga pemerintah kolonial memilih Pulau Jawa sebagai pusat kekuasaan . Akibatnya pengaruh budaya Barat di Pulau Jawa sangat beragam.

0 komentar:

Copyright © 2014 Design By Fatrin BudimanNusantara Indo.